Ini Baru Beda : “PTS (Penilaian Tengah Semester) yang Tertunda”

Test bagi sebagian besar siswa merupakan hal yang menyeramkan, padahal tidak semenyeram diputuskan seorang kekasih.

Pada hari Senin, 13 Maret 217 SMK NEGERI 1 AMPELGADING mengadakan PTS (Penilaian Tengah Semester) sampai dengan hari Rabu, 27 Maret 217.

Pada awal pelaksanaan PTS sampai dengan hari Sabtu, 18 Maret 217, para siswa mempersiapkannya dengan matang-matang, sebelum masuk jam ujian para siswa membaca buku pelajaran yang akan diujikan.

Hal seperti ini mungkin sudah menjadi budaya di kalangan para pelajar baik sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah kejuruan /atas.

Pelaksanaan PTS di SMK NEGERI 1 AMPELGADING, bebarengan dengan UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL (USBN) yaitu hari Senin, 2 Maret 217 sampai dengan hari Rabu, 29 Maret 217.

Sehingga PTS yang seharusnya tanggal 2 Maret 217 sampai dengan 22 Maret 217 dilaksanakan, diundur menjadi hari Kamis, 3 Maret 217 sampai dengan hari Sabtu, 1 April 217.

Sehingga para siswa diliburkan selama 1, termasuk hari Minggu dan hari libur Nyepi tanggal 28 Maret 217.

Hal ini berdampak positif dan negativ bagi para siswa.

Dampak positif, dirasakan oleh para siswa yang rajin, karena dengan libur 1 hari para siswa yang rajin dapat memperdalam materi/pelajaran yang akan diujikan, sehingga dapat menguasai materi dengan sungguh-sungguh dan dengan mudah menjawab soal-soal pts dengan benar. Nilai yang diraihpun akan memuaskan. Harapannya seperti itu.

Sedangkan dampak negatif, dirasakan oleh para siswa yang malas, karena mereka beranggapan setelah libur 1 hari enaknya jangan dibuat pusing, karena habis libur langsung mengerjakan soal-soal pts.

Pepatah mengatakan “Berakit-rakit ke hulu Berenang-renang ke tepian, Bersakit-sakit dahulu Bersenang-senang kemudian” tetapi pada hal ini “Bersenang-senang dahulu Bersakit-sakit kemudian”.

Itulah walaupun libur tetap ada dampaknya, tidak enakkan?

Kita sebagai siswa/siswi yang baik dapat menentukan pilihan kita, mau menjadi siswa rajin / mau jadi siswa malas. Pilihan ada ditangan kamu, jadi gunakan kesempatan kamu dengan sebaik-baiknya OK.

Please follow and like us:

Published by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *